Pesawat Jet Tempur pertama buatan Indonesia senilai US$8 miliar

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3736371


PTDI garap proyek pesawat tempur US$8 miliar


T-50 Golden Eagle

BANDUNG (Bisnis.com): Di bidang penguasaan teknologi pesawat terbang, Indonesia telah terkenal sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memproduksi dan mengembangkan pesawat sendiri. Walaupun di bidang pemasaran produksi pesawatnya sendiri harus kita akui kita masih kalah bila dibandingkan dengan Brazil, yang mengembangkan EMBRAER dan memasarkannya ke seluruh dunia.

Akan tetapi, beberapa tahun belakangan ini, beberapa negara mulai mengalihkan perhatiannya ke pesawat buatan Indonesia, sebut saja Malaysia, Pakistan, UAE, Philipina, dan Korea Utara, serta beberapa negara lainnya. CN-235 tampaknya akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas di beberapa tahun kedepan setelah lebih banyak negara yang sadar akan kehandalannya. Malaysia sendiri berencana memesan 4 pesawat tambahan untuk menambah jumlah pesawat CN-235 yang sudah mereka miliki (source)



Anda pasti berfikir, dengan semua kapasitas dan teknologi yang dimiliki Indonesia, kenapa sampai sekarang Indonesia belum membuat Jet tempur ?

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) akhirnya siap berkerja sama dengan Korea Selatan mengerjakan proyek pengembangan model pesawat tempur senilai US$8 miliar yang ditawarkan pemerintah negara tersebut kepada Indonesia.

Direktur Integrasi Pesawat PT DI Budiwuraskito mengemukakan sejumlah sarana dan prasarana yang dimiliki badan usaha milik negara (BUMN) tersebut mampu mengerjakan pesawat tempur sejenis T-50 Golden Eagle yang merupakan pengembangan pesawat oleh Korea Selatan-Amerika Serikat.

“Kalau memroduksi sendiri [pesawat tempur] belum bisa, tetapi kalau bergabung dengan Korea Selatan bisa terlaksana,” katanya kemarin.

PT DI memiliki pengalaman dalam bidang kualifikasi dan sertifikasi dalam memproduksi pesawat-pesawat yang berkecepatan rendah seperti CN-235.

Sementara itu, Korea Selatan berpengalaman dalam memroduksi pesawat berkecepatan tinggi atau melebihi kecepatan suara (1 mach) T-50 Golden Eagle.

“PT DI memiliki lahan, laboratorium, ruang perakitan, sumber daya manusia, dan lain-lain. Jadi sebetulnya tinggal penggabungan teknologi saja,” katanya.

Budi mengatakan pengembangan dan pembangunan model pesawat yang ditawarkan Korea Selatan baru untuk jenis tempur (fighter), sementara pengembangan model pesawat jenis lainnya seperti jenis stealth (siluman), belum masuk program.

Dia menilai kerja sama pengembangan pesawat tempur kemungkinan bisa diwujudkan pada tahun ini setelah pemerintah Korea Selatan memberikan lampu hijau atas program kerja sama. “Pemerintah Korea Selatan tinggal menunggu persetujuan parlemennya dalam program pengembangan pesawat ini,” katanya.

Enter your email to get cracked apks then don't forget to click confirmation link in your email inbox:


Delivered by FeedBurner

- Uncheck 'download with download manager' to download the file - Please report broken link in the comment!

113 Responses to "Pesawat Jet Tempur pertama buatan Indonesia senilai US$8 miliar"

  1. Permisi mengenalkan blog kami.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru berjudul : “Pemompaan uji pada sumur bor di Maumere Kabupaten Sikka”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan kalau berkenan tolong dikasi komentar. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. m habib zaenuddinMay 9, 2010 at 3:14 PM

    lanjutkan PT DI saya selalu berdoa untu kesuksesanmu

    ReplyDelete
  3. saya bangga dengan perkembangan PT DI..dengan demikian, apa yang telah di perjuangkan dan pengorbanan Pak Habibie Terhormat tidak sia-sia.Tq

    ReplyDelete
  4. mengapa kita harus memerkukan bantuan korea selatan??????????

    ReplyDelete
  5. mungkin ilmu teknologi yang kita ketahui blom banyak.......
    toh juga kalo udah bisa bikin pesawat jet blum tentu kita bisa bikin mesinnya sendiri.........
    itu cuma soal waktu perlahan2 pasti kita bisa memproduksi pesawat kita sendiri sampe kemesin2nya........

    ReplyDelete
  6. ok indonesia maju jgn kalah sm mlaysia'', yang cuma bisa jadi entek-2 na amri jja

    ReplyDelete
  7. kembangkan terus saya sangat mendukung sekalai......

    ReplyDelete
  8. jadi bangga jadinya maju terus bangsaku.. jayalah indonesiaku

    ReplyDelete
  9. ayo ayo maju terus indonesia biar negara kita selalu berkembang kecanggihanya......................heheheheh

    ReplyDelete
  10. saya yakin Pt. Di akan mampu bikin sendiri pesawat tempur di kemudian hari...demi pertahanan negara kesatuan indonesia...maju trus indonesia sy bangga jd orang indonesia

    ReplyDelete
  11. murni membuat kapal terbang capung aja belum bisa hahahaha

    ReplyDelete
  12. katanya RI nyumbang USD 2 M dari USD 8 M yang di butuhkan.
    katanya RI dapat 50 pesawat dari 250 pesawat yang di produksi.
    kayaknya itu gak adil deh....
    RI dalam hal dana nyumbang 25% dari total kebutuhan tapi RI cuma dapat 20% dari total produksi

    ReplyDelete
  13. Sipppppppppppppppp, pasti nya anak negeri bisa donk buat sendiri pesawat tempur suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  14. Mudah mudahan terlaksana dan tidak terkendala dengan politik luar negeri Indonesia

    ReplyDelete
  15. ayo kita nyumbang unutuk terlasakna progam ini!!!!

    ReplyDelete
  16. kami tunggu hasil karyamu PT DI mudah mudahan ini bener tidak jadi lahan baru utk korupsi

    ReplyDelete
  17. semoga dilanjutkan dengan pengembangan produksi sendiri, untuk :
    -kapal induk
    -Sistem radar
    -rudal, roket dan satelite

    jaya indonesiaku

    ReplyDelete
  18. One more step a head ... Go Indonesia go

    ReplyDelete
  19. Saya setuju semuanya untuk kemajuan bangsa, khususnya PT. DI maju terus, terutama usulan Mas Fendi, krn kita sbg Bangsa yg mempunyai geografis yg luas dgn penduduk 230 juta, dgn penuh keikhlasan menyumbang Rp.10.000/bln dari 100 juta penduduk = Rp. 1.000.000.000.000/bln, maka pertahun = Rp. 12.000.000.000.000 seperti pengumpulan koin Prita, bukan berarti kita melecehkan kemampuan Negara, tetapi Kita ikut bela Negara, Karena Saya yakin TNI kita sudah sangat berkemampuan hanya Alusistanya saja perlu untuk ditingkatkan dari pada kita ikut kemedan tempur, Shg Kita tidak dilecehkan Bangsa lainnya.
    Maju terus PT. DI..... Bravo TNI.

    ReplyDelete
  20. gak banyak kata deh, bravo terus pertahanan dan negara INDONESIA tercinta... kalau butuh pasukan kami siap tempur.. 1 x 28 jam...

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah,,,

    @reza,,
    cuma dapet 20 pesawat gpp bro,,
    tapi teknologi dapet semuanya kan :)

    ReplyDelete
  22. Nah gitu dunk... Bangkit Indonesia,,Pindat nanti yg suplai amunisi ma missilnya, heheheeeehe

    ReplyDelete
  23. tahuka kamu...... PT. DI cuma bisa bikin selongsongannya doank..... kalo mobil itu cuma bodi dan rangkanya aja. sisanya improttt bro... apalagi mesin, masih jauuuuuuuuuhhhhhhh.. tapi bolehlah buat bangga2an..

    ReplyDelete
  24. kapan ngumpulklan uang 10.000,00 itu aku ikut nyumbang?
    dan kapan realisasinya.............. eit tapi tunggu dulu?janganng sampe uang itu dikorupsi...... nanti kalo dikorupsi (dicacah aja orangnya)

    ReplyDelete
  25. Bagi yang pesimis pada kemampuan bangsa Indonesia bikin pesawat tempur lebih baik diam saja jangan kasih komentar yang melemahkan. Bagi yang optimis, mari kita dukung upaya untuk merealisasikan program ini baik dengan materi maupun do'a. Langit Indonesia sangat luas, perlu pengawalan udara yang efektif, jadi kita harus mampu bikin pesawat tempur sendiri.

    ReplyDelete
  26. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa banyak jebolan PT. DI (Nurtanio) yang sekarang bekerja di Boeing, Airbus maupun Embraer, dan mereka adalah tenaga yang handal (artinya banyak putra putri kita yang punya kemampuan bagus dalam industri pesawat terbang). Tentang bikin engine pesawat memang tidak mudah, tetapi kalau putra putri kita diberi dukungan penuh saya yakin pasti bisa. Banggalah pada bangsa kita sendiri.

    ReplyDelete
  27. DI cuma produksi rakitan duang, semuanya import
    pindad jg, namun ttep bangga gw, drpada Ethiopia, zimbabwe, pakistan (yah.. itumah negar2 miskin yah) wkwkkw xDD

    kita gk boleh kalah ma negara2 tetangga apalagi negara kecil, cnthnya QATAR,ngapura dll..
    mereka lbh hebat dr kita.. hrus punya malu dan berusaha untuk jd lbh baik

    ReplyDelete
  28. saya bangga akan kemauan bangsa dan PT DI untuk mengembangkan pesawat tempur. kalo perlu dengan sistem radar,dan persenjataanya sekalian. cuma saya berharap oknum-oknum dibalik proyek raksasa tersebut harus benar-benar bersih supa tidak hanyak jadi isapan jempol,dan cemoohan negara negara lain. tapi percayalah saya bangga dan saya yakin 100 persen bahwa bangsa indonesia kelak akan menjadi bangsa yang besar dan kuat. yang akan disegani oleh bangsa-bangsa lain didunia. majulah **INDONESIAKU**. jiwa ragaku akan kukorbankan untukmu.

    ReplyDelete
  29. Jangan kan pesawat tempur, pesawat luar angkasa juga bisa. Bangsa kita itu pintar, apa aja bisa bikin. Cuma 1 masalahnya "DUIT", "DUIT", "DUIT", "DUIT" DAN JUGA DUIT. SDM...WAHH berlimpah ruah, SDA apalagi. Oleh karena itu basmi korupsi sampai ke akar-akarnya. Apa pun bisa, asal ada biaya riset nya.

    ReplyDelete
  30. kita masih harus kerjasama dengan negara lain karena kita belum punya anggaran untuk itu kali

    ReplyDelete
  31. saya setuju mau ikut mendukung mari bantu negara kita, kapan mulainya dan dmana tempat ngumpulknya

    ReplyDelete
  32. ngak papa dari pada semua kita impor terus jadi ajang korupsi lagi.

    ReplyDelete
  33. kalau perlu jangan negara yang gaji mereka biar rakyat saja yang ngumpul duit buat mereka, kita kembalikan jiwa gotong royong kita yang sudah ngak ada lagi. Ayo Bangkit Bangsaku, Ayo bersatu untuk kemajuan bangs

    ReplyDelete
  34. napa indonesia baru kerjasamanya sekarang ketika hubungan kita dengan malaysia memanas?g dari dulu- dulu aja , kayak semasa kita masih kena embargo dari amerika.

    ReplyDelete
  35. kenapa indonesia kerjasamanya g dari dulu-dulu aja?np baru ketika hubungan indonesia-malaysia memanas.g dari dulu-dulu aja kerjasamanya,kayak semasa kita masih di embargo sama amerika

    ReplyDelete
  36. sepp. . hebat. . gue dukung banget. . .agar PT.DI lebih maju . . .dan bisa bikin pesawat siluman

    ReplyDelete
  37. Jangan Kuatir... INDONESIA MELIMPAH SDM BERKUALITAS.... Terbukti SELALU JUARA DUNIA OLIMPIADE MATEMATIKA DAN FISIKA.... Saya Yakin kalo koruptor bisa diberantas.... dan PARA JUARA OLIMPIADE DIBIAYAI dan DIDIDIK MAKSIMUM.... PESAWAT TERCANGGIH DIDUNIA akan DIPRODUKSI DI INDONESIA..............

    ReplyDelete
  38. Gua dukung PT DI tuk ngembangin apa aja, yang ga dukung gua rada curiga nich, jangan jangan???
    Majulah terus PT DI bikin pesawat, rocket, radar, kalo bisa pesawat stealth sekalian lakh!!

    ReplyDelete
  39. INDONESIA RAYA DAN JAYA inysaAlloh itu akan terwujud dan menjadi impian yang nyata, SDA dan SDM kita sangat banyak mari kita manfaatkan dengan baik untuk kemajuan dan kemakmuran bersama...KITA PASTI BISA !

    ReplyDelete
  40. Diam Berarti Emas... marilah kita tunggu dan dukung dengan menghindari komentar miring dan menyesatkan ala di jaman pak Habibi, dimana mereka yg selalu berkomentar miring tak lain adalah antek2 asing yang rela jual negara sendiri hanya untuksesuap nasi...

    ReplyDelete
  41. ahkirnya angan2ku sudh mulai trbuka, negeri ini sudah mulai belajar mandiri.. kebal trhdp embargo ngara lain... buat sndiri..

    ReplyDelete
  42. jalinlah krjasama bukan hanya dengan korsel.. mainkan lobi juga ke negri2 lain yg trkenal dg technologi.. kmudian aplikasikan di jet tempur buatan Indonesia...gak sabar nungguin psawat ini... cpetan ya.. pingin liat mlintas di Lombok..

    ReplyDelete
  43. indonesia lbh berpengalaman buat pesawat dibanding negara asean lainnyya

    ReplyDelete
  44. semangaaaaattt....yakin kita bisa
    emang sich birokrat yg korup tuch yg bkin ribet ni negara...klo pak Sukarno masih ad,saya rasa dah Maju ni negara..punya militer yg Kuat

    ReplyDelete
  45. Lanjutkan PT DI. Buat rakyat indonesia bangga !!!. Yang jadi pertanyaan, menagapa tidak kerjasama juga dengan Sukhoi ??? shg kita bisa rakit su 27 SKM dan SU 30 MKI di Indonesia seperti kerjasamanya india-russia. Atau kita bisa belajar dari iran yang pandai menjiplak pesawat2 buatan rusia bahkan amerika (pesawat tempur as yang dibeli akhir 70 an masih layak terbang mis f-14 tom cat dan ber hasil menjiplak f-5 tiger serta pesawat tempur tanpa awak/UAF buatan tupolev)

    ReplyDelete
  46. untuk awal itu suatu kebanggaan.
    setelah itu apa yang tidak bisa kita buat.
    maju Indonesia Raya......

    bagaikan manusia yang baru lahir pastinya tidak bisa langsung berlari dan memanjat......

    ReplyDelete
  47. pak Habiebi, pleasee bantu negara ini.....
    keluarkan lagi ide luar biasa bapak untuk pesawat kita ini.
    didik kembali punggawa2 muda untuk menguasai teknologi dirgantara.
    saya yakin setelah ini, pesawat tercanggih bermunculan dari negara ini Indonesia dan saat itu negara2 dunia akan melihat negara kita dengan kepala ke atas.
    berikan rahmat-Mu untuk negara ini ya Allah.

    ReplyDelete
  48. jadi menurut ane ni gann......kita belajar duluu dri negara lain mengenai sofware,system,kelemahan kelebihan pesawat...setelahh nii berakhirr,indonesia harus mandiri,,,,,"
    maklummm kita miskin sama dana juga ni gann.....he hehe

    ReplyDelete
  49. menurut ane gini gann,,,percuma kite membanggakan kacanggihan milik orang lain.mending buatan sendiri meskipun sederhana/untuk kedepannya kan gak slalu monoton.....iniii loooo buatan kuuuu"
    kann bangga buatan indonesia...he he

    ReplyDelete
  50. Sukses slalu buat PT.DI n buat indonesia bisa membanggakan diri pada malingsia...

    ReplyDelete
  51. itu bru indonesia,..percuma klw ada DI...ga di optimalin.......indonesia hrs Pd kya iran.........kalau bsa ga usah kerja sma.......mandiri.......yg penting kemauan,,masalah pengalaman,,,,....hrs sering riset ajj dan cba terus......lets go indonesia

    ReplyDelete
  52. tarik lagi paka .
    mulai habiebie , hormati beliau, hargai beliau..
    berantas korupsi, yang bikin politik kita ribet itu ya gara2 oknum2 yang korup.
    elit politik juga tolong donk jangan mikirin golonganya sendiri aja,udahan berantemnya, mulai sekarang kalau bikin kebijakan ,bikinlah kebijakan yang pro rakyat,tulus untuk negara gitu.
    gw doain biar koruptor [ada taubat,klu gk taubat2 .gw doain biar umurnya gk panjang.

    ReplyDelete
  53. kapan dan seberapa jauh PTDI dan BPPT mengembangkan engine untuk pesawat terbang ? salut boeat orang-orang yang gigih

    ReplyDelete
  54. Maju terus PT DI and industri dalam negri smua!
    koruptor harus dihukum mati. udah disumpah masih aja korup. sumpah harus sambil ngemut pistol tuh!
    para pejabat negara yang memalukan, DPR sma aj Dewan Pemeras Rakyat.
    aku pikir pikr, uang yang di korup mngkin udah trilyunan, nah ntu uang harus balik ke negara dan bwat kembangin industri strategis kita. trus kita buat MBT, Jet Tempur, dan Kapal perang modern. Amin. mimpi jadi nyata!

    ReplyDelete
  55. bgus semua bro.
    mnurut ane, kta kumpulin tuh para ilmuan indonesia sruh riset!. hehe.

    ReplyDelete
  56. karena kita dulu masih diembargo ama amrik and sekutunya, jadi negara lain yg mau kerjasama ama kita utamanya alih tehnologi harus dapat restu dari om amrik termasuk korsel, maju terus Indonesiaku....pantang menyerah.....h.....h.....h

    ReplyDelete
  57. Indonesia adalah salah satu negara besar di dunia meskipun di lihat dari sudut pandang jumlah penduduknya, kalau dalam hal pertahanan tidak cepat 2 menyesuaikan dengan negara 2 yang maju, apa kita tidak malu bila dipermalukan oleh malasia dan singapuer ?

    ReplyDelete
  58. bagus bgt idenya, kapan mulai sumbangannya? kalau perlu bisa buat komunitas untuk warga negara Indonesia yg cinta tanah air and bau bantu nyumbang buat perkembangan teknologi indonesia.

    ReplyDelete
  59. klu jd acara nyumbangnya, kasi infonya yach?
    thx

    ReplyDelete
  60. semoga saja negara kita dapat lebih mengembangkan teknologi didalam bidang apapun untuk memajukan bangsa indonesia ,,
    dalm segala ilmu pengetatahuan, agar bangsa kita dalam menjalani krisis global tetap stabil dan dapat menjalaninya dengan semangat serta rasa juang yang tinggi..!!

    maju terus indonesiakuU.. . ..

    ReplyDelete
  61. SEEMMAANNGGGGAAAAATTTTTTTTTT ..............

    ReplyDelete
  62. Bagus juga sih, tapi yang terpenting bersihkan dulu pemerintah kita dari para koruptor, manipulator, dan yang bikin kotor. Terbukti Perusahaan dibawah kepemilikan pemerintah tidak ada yang maju karena tor-tor itu. PT DI pun hancur karena terlalu banyak koruptor. Satu lagi, mungkin akan lebih baik kalau PT DI mengganti dulu uang rakyat yang dulu pernah dijanjikan sebagai saham PT DSTP yang nggak pernah terealisir karena modal dari rakyat keburu abis dikorup.

    ReplyDelete
  63. pak habibie, tolong donk pulang ke indonesia.hidupkan kembali industri pesawat indonesia.dan tolong buatkan indonesia pesawat tempur yang super canggih.kalau bapak punya jiwa nasionalisme bapak pasti akan kembali ke indonesia

    ReplyDelete
  64. Tengku Syed Abdul GhaffarDecember 9, 2010 at 6:54 PM

    MAJU TERUS PT DI...!!! KAMI SENANTIASA MENDO'AKAN KALIAN. SUATU SAAT NANTI KAMI (SULTAN AIRWAY SYSTEM) RIAU AKAN MENGGUNAKAN SEMUA PRODUK2 KEBANGGAAN ANAK BANGSA. INDONESIA BISA!!!!

    ReplyDelete
  65. bila indonesia sudah mampu membuat pesawat
    pasti saya yakin indonesia akan pasti bisa membuat pesawat jet bersama kore selatan ....
    dan suatu saat nanti rakyat indonesia akan menguasai tinggi ilmu mengetahuan dan teknologinya
    amin ....

    ReplyDelete
  66. Jangan sampai lepas proyek ini walau presidennya habis masa jabatanya atau berganti presiden, kemandirian teknologi harus kita miliki.

    ReplyDelete
  67. Mudah 2 an Pt DI tidak hanya produk pesawat aja,tapi juga enginenya,satelite,kalau perlu cepat produk pesawat penumpang klas airbus,sebaiknya kerja sama dg jerman,rusia,iran ,brasil dan india,sikat habis pemimpin yg hanya cari jabatan,ambisius pribadi,sikat Dewan Pemeras Rakyat dan koruptor,panggil ahli2 kita yg kerja di Boeing,Airbus,MBB dsb

    ReplyDelete
  68. sebenarnya negri kita sdh punya sdm sdh lama dalam hal apa aja tp krn org2nya yg srakah tdk mau klo negrinya maju, ini terbukti knp negri ini smp sprt ini...negara kcl aja brni kacak pinggang didpn dihadapan negri yg sebesar ini, krn tdk ada yg mau mikir...yg namanya negara klo sdh diketaui luar dlmnya ama negara laen pst tdk akan dihargai lg, klo sdh bs diukur kekuatannya...tp Alhamdulillah skrng udh pd bs mkr dan menyadarinya betapa pentingnya arti harga diri bangsa....logis saja klo ingin dihormati ya hrs kuat dl baik trlht secara kasap mata maupun tdk, artinya klo orgnya sdh terlht tegas dan pendukungnya jg memadai pst yg ditegasi akan takut...bgt jg sebaliknya....monggo sekarang kantun bpk2 ingkang amengku karso & akso dospundi ingkang nyikapi soho mralelak aken, nuwun

    ReplyDelete
  69. ketinggalan informasi lo..
    sempit wawasan lo..

    ReplyDelete
  70. gak ada yang perlu disesali...Indonesia akan mengalami perkembangan pesat dalam pengembangan teknologi...para enggineer2 dan Ilmuan Indonesia sekarang sudah mulai menyadari untuk membangun negeri ini yang selama ini mereka bekerja untuk negara lain karena tidak ada perhatian dari pemerintah...kalu masalah kemampuan orang-orang Indonesia saya tidak meragukan...asal mental dan kesadaran dari pemimpin2 kita sudah baik...

    ReplyDelete
  71. pahlawan bertopengJanuary 11, 2011 at 5:58 AM

    bravo buat indonesiaku....
    dari pada buat alat tempur ...
    mending buat senjata yg bisa menghancurkan 1 benua..
    y klo bisa teknologi diatas nuklir...
    jd negara manapun pasti segan...
    caiyo my indonesia

    ReplyDelete
  72. ada lowongan kerja gak ???

    ReplyDelete
  73. untk memajukan negara yg harus diberantas pertama2 adalh
    1. Syirik / menyektukan Allah.
    2. Tegak kan hukum Islam. Korupsi potong tangan biar kapok.
    3. Menghapus miras, prostitusi, narkoba dr tanah indonesia.
    4. Memilh pemimpin yg kompeten, jujur dn brtanggung jawb. Tentuny bkn melalui pemilu /suara terbnyak.
    5. Memajukn dunia sains/ pndidikan dn teknologi.
    Inilah langkah2 yg harus d tempuh, agar cita2 masyrakt indonesia untk menjdi sejahtera, maju, bahagia dunia dn akhirat. Insya Allah benar2 trwujud...
    Jika kta membngun rumah dng pondasi yg kropos. Jng harap bisa membngun tinggi2..
    Bgitulah membngun bangsa ini.

    ReplyDelete
  74. menurut saya indonesia bsa membuat pesawat jet tempur sendiri, dilihat dari segi SDMnya indonesia tdk klh dengan negara-lain terutama negara maju. Hanya saja indonesia mempunyai kendala yg ckup memprihatinkan, yaitu msh melekatnya tradisi korupsi di indonesia. Jika korupsi di indonesia di minimalisir mungkin indonesia sudah maju dari dlu......

    ReplyDelete
  75. Kami Urang Banjar Kalsel mendukung 1000% untuk Indonesia bikin pesawat tempur sendiri kalau perlu kami jual harta benda untuk dukung PT DI dengan catatan jangan di KOROPSI lah duitnya.............kami kada nyaman mandangar negara kami disambat negara Banci!!! kami ne siap haja perang handak hari ini kah.....isuk kah siap haja.......

    ReplyDelete
  76. ??????......hahaha........

    ReplyDelete
  77. Mantap, saya bangga membacanya, dan akan lebih bangga lagi membuat sendiri semua mesin perangnya, baik mesin zet, mesin kapal perang, mesin tank, mesin kapal selam agar bangsa indonesia benar benar mandiri. dan lebih baik lagi kaluu MPR membuat sebuah rumusan yang isinya mengharuskan indonesia mandiri technologi.

    ReplyDelete
  78. Setuja.......yg penting cari ilmu dulu nah klo udah selesai kan ilmunya bs d kembangkan.....kerjasama dulu klo udah pinter bikin yg banyak......maju terus pt di jayalah dirgantara indonesia.......

    ReplyDelete
  79. like this

    http://pobersonaibaho.wordpress.com/2011/03/19/made-in-indonesia-luar-biasa-bangkitlah-indonesia/

    ReplyDelete
  80. " bagaimana ,, dengan keadaan yg sebenar'y di TNI AU kita ... denger" kemarin kty mau beli pesawat tempur dari inggris .. betul kah itu " . tkut'y cm isapan jempol belaka . bravo-bravo TNI kita .

    ReplyDelete
  81. thank you habibi.........

    ReplyDelete
  82. model pesawat buatan indonesianya mirip burung garuda y?ntr pas lagi manuver chasisnya patah lagi,,,kwkwkwkwkw just kidding.

    ReplyDelete
  83. SbaikNya Indonesia menerapkan kekutan militernya sperty negara USA,UNI SOVYET, KORSEl.
    And indonesia sebaik nya mempunyai senjata yg lebih canggih lgi & bsa mmbuat senjata sendiri & membuat negra lain tkut dg INDONESIA

    ReplyDelete
  84. kapan lagi bisa buat pesawat sendiri,,,,,
    ayo jandilah anak bangsa yg berfikir utk bangsa bukan untuk pribadi,,
    jaya terus macam asia

    ReplyDelete
  85. Ayo Indonesia,,,negara kita pasti bisa,,,klo cuma Rp8M,,,gak masalah negara kita negara kaya bosss !!!!

    ReplyDelete
  86. Saya dan keluaarga SANGAT SIAP turut menyumbang,,, buat komunitasnya, awasi aliran dananya, saya siap setiap bulan menyumbang... MAJU TERUS INDONESIAKU.....

    ReplyDelete
  87. indonesia mayoritas islam, maka nya ga bisa bebas dari korupsi alias mencuri alias merampok dan memperkosa serta prostitusi, karena nabi muhammad itu memang mengajarkan merampok, merampas, memperkosa milik orang lain. jadi kalo ada yang coment tegakkan islam, saya setuju banget, biar indonesia tambah hancur oleh islam

    ReplyDelete
  88. buat pesawat tempurnya yg kecil dulu gan,layaknya mainan anak-anak pakai remot,biar bisa di pelajari kelemahaannya gan,bisa terbang dan nembak apa gk!!!
    Klo bisa buat yg kecil pasti bisa buat jet tempur beneran.kan bisa hemat duit rakyat klo gagal.

    ReplyDelete
  89. Maju terus Indonesia,,mana kretivitasmu yang dulu bisa bikin pesawat yang handal,,...
    buktikan kalau kita itu bisa,,,dan kalau perlu bukan hanya pesawat saja yang kita buat,tetapi kita juga bisa membuat semua produk untuk indonesia kita sendiri biar tidak selamanya kita mengimpor,tetapi kita juga harus bisa mengekspor,buktikan kalau kita itu bisa memproduksi bukan untuk membeli,,..............
    Hidup Indonesia!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  90. huu hebatnya negara Indonesia....bisa memproduksi dan mengembangkan pesawat terbang2 satu2nya di asia tenggara.....
    kami malu dengan negri kami sendiri karena memakai hukum Islam tp judi dihalalkan, jd pusat judi terbesar di asia tenggara.... huhuhu malingsia...

    ReplyDelete
  91. maju terus indonesia

    ReplyDelete
  92. saya sangat setuju tuh sama idenya "dana peduli bangsa" 10.000 / bulan (di luar pajak), mudah2an obrolan2 ini di liat sama menhan deh.. pak menhan ayo wujudkan.. kami siap membatu untuk Indonesiaku.. hanya tolong di awasi penanganan nya ya Pak.. JAYALAH INDONESIAKU..

    ReplyDelete
  93. Saya Setuju... Kalau korupsi sudah bisa diberantas, kepercayaan diri bangsa kita akan tumbuh. Tidak mustahil bila Indonesia akan Menjadi negara yang paling disegani di Seluruh Dunia..

    ReplyDelete
  94. yunita dimana sih

    ReplyDelete
  95. ini sebuah langkah awal yg bagus.......tp jgn hanya orang2 lama PT. DI saja yg dipekerjakan......carilah orang indonesia yg terampil & berbakat....dalam pengembangan piranti lunak & keras nya.....karena sekarang banyak orang hebat & berbakat indonesia di ambil oleh negara luar karena buah pikiran mereka tidak ada yang menampung.........MAJU TERUS INDONESIAKU....KEMBALIKAN KEJAYAANMU SEPERTI PADA THN 1960 AN.....dimana di thn tersebut kita menjadi salah satu 4 negara terhebat dalam kekuatan militer............

    ReplyDelete
  96. wuih... buat bikin pabrik dapat berapa ya? he3

    ReplyDelete
  97. Udha lagi kita mo bikin 5th gen fighter yaitu KAI KF-X dengan teknologi siluman melebihi f-16,dassault rafale,dan eurofighter typhoon sayang nya teknologi stealth nya masih diabawah F-35

    ReplyDelete
  98. seharusnya kita kumpulkan koin untuk membangun pesawat tempur sendiri kita kumpulkan sampai $100.M.
    biar kita bisa mandiri

    ReplyDelete
  99. inilah saat yg ditunggu2 "indonesia" negara besar.mcan asia tenggara...tunjukkan kekuatanmu pada oranng2 yg meremehkanmu...wahai indonesia ku..tunjukan kmampuanmu....biar dunia tau kehebatan mu....hidup indonesia ku....

    ReplyDelete
  100. saya akan sumbangkan harta benda sya kalo perlu jiwa dan raga 'untuk kejayaan indonesia, maju lah teknologi bangsaku,ciptakanlah senjata yg canggih,untuk mempertahankan NKRI,saya warga negara indonesia,cinta indonesia.dan siap mati untuk indonesia......majulah indonesiaku

    ReplyDelete
  101. komentar no 75,oleh muhammad..
    orang seperti anda itu,adalah profokator SARA'saran sya..ga usah comen masalah agama,ini ga ada hubunganya sama kepercayaan agama apa lagi comenmu'menjelekkan agama lain,ini masalah teknologi,masalah kesatuan NKRI,apa anda ga sadar atas tulisan itu....berartia anda memang profokator yg hanya bikin permungsuhan bagi sodara2 rakyat indonesia ini....

    ReplyDelete
  102. berkibarlah sang saka merah putih''MERDEKA''

    ReplyDelete
  103. ternyata apa yg saya pikirkan sebelumnya udah tercapai,,,awal dari kesuksesan bangsa INDONESIAku,,,,,,aku mendukung 1000% utuk negriku.moga aj sukses dalam pembuatan pesawatnya.sudah saatnya negara kita mandiri. I love INDONESIA ku

    ReplyDelete
  104. okeh akan kita buat biologi weapon...

    ReplyDelete
  105. saya ank kuliahan jg siap sedia mendukung. Sumbangan berapa aja semampu saya perbul pasti rela demi bangsa ini. 1 hal yg terpenting. . .pengawasan dana jg kerjanya, krn korupsi biang macetnya negara kita. . ., bebaskan negri kita dari korupsi ! ! Majulah bangsaku. . . .majulah

    ReplyDelete
  106. w bngga sbgai orng indonesia w mau nyubang 20ribu asalkan jngan di korupsi w rela demi negara yng w cintai

    ReplyDelete
  107. oc,gak apa apa lah untuk saat ini kerja sama dengan korea,
    tapi untuk brikutnya , d hrap bisa mandiri
    kami slalu mndukung , jgn lemah yyaa !
    mskipun habibi telah gone dri indonesia, tpi kita psti bias sperti diaa !!!!!! oc,,
    tngkatkan trus ilmu nya brooo !! kami akan menyusul .
    semoga sukses slalun Gbu.

    ReplyDelete
  108. Feri_suwiko@yahoo.comDecember 16, 2011 at 6:37 AM

    Indonesia pasti bisa.. I love indonesia..

    ReplyDelete